Seberapa Pentingkah Ucapan Salam itu?

Setiap kali kita berjumpa dengan seseorang, entah itu teman, orang tua, atau bahkan ketika jadi pembicara dalam suatu forum, pastilah kita mengucapkan salam dan yang kita salamipun akan membalas salam balik kepada kita.

Demikian pula disaat kita membuka percakapan dalam telephone, dan selesai berbicara pun juga diakiri dengan pengucapan salam.

Bisa jadi pengucapan salam itu sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan bermasyarakat ini. Istilah “kerennya” bisa disamakan dengan Greeting. Dan masing-masing pengucapan salam juga tergantung dari budaya atau tradisi atau bahkan kelompok agama tertentu.

Nah, permasalahan itu timbul jika ucapan salam itu sudah terlanjur ditujukan kepada seseorang yang “kurang” tepat, dalam arti bahwa orang tersebut bukan merupakan bagian dari agama tertentu. Trus, bagaimana donk kita harus menyikapinya? Apakah kita tidak membalas ucapan salam tersebut? Apakah kita hanya mau mengucapkan salam hanya bagi seseorang yang satu iman dengan kita saja?

Berikut adalah sedikit artikel (dalam format .pdf) tentang tradisi pengucapan salam serta magnanya ditinjau dari sudut pandang Yahudi, Kristen dan Islam. Artikel ini hanyalah sekedar bacaan untuk menambah wawasan kita agar jangan sampai terjadi salah paham hanya karena pengucapan salam yang keliru terhadap seseorang yang dirasa kurang “tepat”.  Disamping itu juga penulis megharapkan agar kita semua lebih memagnai arti pengucapan salam itu daripada hanya sekedar kebiasaan ucapan yang keluar dari bibir kita, kosong dan tanpa arti. Semoga bermanfaat itu saja.

ucapan-salam

asking for handshake

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s